Jumat, 25 September 2009

Pantai Glayem Padat Pengunjung

Momen lebaran selalu dimanfaatkan untuk berlibur, baik dengan keluarga, teman, bahkan pacar. Tempat yang jadi favorit untuk mengisi waktu liburan adalah pantai Glayem dan Tirtamaya. Selain bisa menikmati debur ombak, di kawasan tersebut pengunjung bisa memanjakan lidahnya dengan sajian kuliner yang khas.
MESKI Pantai Glayem yang berlokasi di Kecamatan Juntinyuat belum diakui oleh pemerintah daerah (pemda) sebagai obyek wisata secara resmi, namun pasca lebaran ini telah menjadi pilihan utama keluarga untuk rekreasi. Ribuan wisatawan lokal memadati obyek wisata bahari yang dikenal dengan sajian kuliner berupa ikan bakar tersebut.


Selain bisa menikmati wisata kuliner, para wisatawan lokal tersbeut juga bisa melihat keindahaan pantai yang cukup bersih. Acep Sahri, salahsatu pengunjung menuturkan, dirinya bersama keluarga sengaja mengisi waktu liburan panjang pasca lebaran di Pantai Glayem. Sebab pantainya panjang sehingga bisa lebih leluasa berenang di laut, dibandingkan di obyek wisata pantai lainnya. Hanya saja Acep menyayangkan, Pantai Glayem ini belum tertata dengan baik, dan para pedagang di sana dibiarkan mendirikan bangunan seenaknya.
Padahal menurutnya, kalau pantai yang dikenal wisata kuliner itu bisa lebih tertata, maka akan terlihat lebih bagus, dan pengunjung yang datang bisa lebih banyak.
”Pantai Glayem ini sangat cocok untuk dibuat lokasi wisata kuliner, karena ramainya Rumah Makan Ikan Bakar Perdut yang kini sangat terkenal,” tutur warga Kedokanbunder ini.
Acep menambahkan, penataan harus segera dilakukan oleh pihak terkait, bukan hanya sekadar menarik retribusi. Pengelola Pantai Glayem, kata dia, jangan hanya berpikir bagaimana mendapatkan retribusi sebanyak-banyaknya, namun enggan melakukan penataan.
“Untuk keselamatan pengunjung yang berenang juga belum ada petugas khusus yang menjaga. Walau pun hanya menikmati laut, tapi wisata bahari ini lebih menyejukan hati,” tutur Acep.
Sementar itu, Santi, pengunjung asal Kabupaten Cirebon menuturkan, Pantai Glayem benar-benar enak untuk liburan bersama keluarga, kalau saja bisa tertata dengan baik. Pada dasarnya, lanjut dia, para pengunjung tak mempersoalkan tiket masuk berapapun biayanya, meski semuanya masih belum resmi, asal kenyamanan dan kebersihan pantai diperhatikan.
Selain Pantai Glayem, obyek wisata lain yang banyak dikunjungi Pantai Tirtamaya. Sebenarnya pantai ini adalah salah satu objek wisata andalan Kabupaten Indramayu selama belasan tahun. Namun seiring berjalannya waktu, dan penataan yang kurang bagus, pantai ini kini tidak seramai dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar