Jumat, 25 September 2009

Blogrolling : Layout Problem

Blogrolling, nama domain yang sangat lekat dengan istilah blog. Kosakata seperti blog roll, blog walk(ing) hingga blog widget sering mondar mandir di halaman blog yang bisa kita sambangi. Maka tak luput bila nama-nama situs yang menggunakan domain yang mengangkat kegiatan blog menjadi begitu booming. Wah, ini kesimpulan yang sangat membantu nih terutama buat mereka yang bingung mencari nama domain buat blognya .

Blogrolling yang edittag gunakan ini adalah sebuah layanan manajemen tautan (link) yang terbilang sangat membantu pengelola blog. Layanan serupa juga bisa kita dapatkan di dalam blogspot atau wordpress. Hanya saja ini adalah layanan dari luar penyedia blog yang sangat fleksibel untuk diaplikasikan.



Mungkin bagi pengguna elemen halaman “Daftar Link” pada blogspot pernah mengalami masalah saat penggantian layout. Kala itu, elemen halaman ini sering menjadi “duri dalam daging” karena elemennya terkadang tak segera menyatu dengan layout baru. Atau juga bagi yang memiliki tautan yang superbanyak, eksekusi pemindahan layout akan lebih sering mengalami masalah disebabkan koneksi internet yang kurang mendukung. Malah lebih sering berujung pada permintaan blogger untuk melaporkan kesalahan yang akhirnya kita temui. Kenapa ya blogger tak semulus usaha wordpress saat penggantian tema?

Nah blogrolling ini bisa menjadi solusi yang meniadakan masalah tersebut. Selain rancangannya yang hanya menyetorkan kode HTML yang bisa dipasang dengan mudah di blog, ada juga beragam pilihan yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari pengurutan tautan sesuai bentuk-bentuk lucu yang disediakan, urutan berdasar abjad, pemunculan kumpulan tautan secara acak, hingga fitur yang edittag sukai : memberitahukan blog mana saja yang baru saja diperbarui. Sungguh tak perlu buka feed reader untuk sekedar menjawab rasa penasaran akan blog mana saja yang telah dipersegar.

Satu-satunya kendala yang terlihat menggangu adalah :

Bila blog tak terurus tiba-tiba melesat dalam hal rangking Google (Google Page Ranking), apakah yang dirasa janggal?

Beberapa waktu lalu memang Google meralat ulang sistem pemeringkat web melalui Page Ranking. Makanya tak heran bila ada beberapa blog diantaranya yang terkena anugrah dan berkah dengan dinaikkanya peringkat mereka di mata mesin pencari google. Edittag termasuk yang bersyukur karenanya. Setelah hampir setahun terperangkap di peringkat ke 4, sejak 2 bulan lalu angkanya naik satu peringkat ke nomer 5. Sebuah pencapaian yang patut dibanggakan. Tentu ini tak bisa lepas begitu saja dari sumbangsih rekan-rekan blog yang masih sudi berkunjung ke blog ini. Untuk itu, itikad sesama blogger untuk saling menaut tetap akan edittag junjung tinggi. Edittag masih terbuka untuk saling bertukar tautan.

Ada satu hal yang mencemaskan dibalik berkah tak terduga ini. Beberapa situs yang menyediakan widget atau ikon pemeringkat PR (Page Ranking) masih belum mengupdate datanya sesuai dengan yang dirilis Google. Faktanya, edittag mengalami keterkejutan sesaat begitu mengetahui blog seinduk, agushery.blogspot mencapai angka 9 saat dijenguk pagi hari ini (tuh kan ketahuan lama tak disambangi!).

Terlenakah pagerank selaku penyedianya dengan melepas angka ini untuk blog yang lebih dari sebulan tak diupdate? Hal ini juga sempat meninggalkan pertanyaan akan dominasi logika selama ini yang berlaku bahwa blog yang sering diupdate akan lebih berpeluang untuk naik PR-nya.

Tapi tunggu dulu, pasti ada yang lebih masuk akal daripada tersenyum lebar tanpa ingin tahu alasannya (seraya berharap bahwa angka itu memang mutlak hehehe). Untuk mengeceknya, edittag mencoba menganalisa dari layanan serupa dari mypagerank. Dari nama domain saja sudah hampir sama, semoga saja hasilnya juga sama atau hampir sama :D.

Tak sedang beruntung kiranya mengetahui angka 7 masih bertengger dengan tenangnya seperti beberapa bulan yang lalu yang sempat dirilis di postingan edittag. Hm, ternyata mimpi angka 9 mampir di blog yang mengupas Adobe Flash Lite ini.

Bila boleh menelaah, mestinya PRnya turun ke kisaran 5 atau 6 mengingat kealpaan edittag mengupdate blognya. Blog ini memang sempat menginjak di angka 5 saat menulis postingan berbahasa Indonesia, apakah itu karenanya? agak sulit untuk dijelaskan, sebab saat ini edittag juga masih tak berhasil mencari padanan blog yang memiliki nilai diatas 6 untuk kasus blog berbahasa Indonesia (atau bisakah Anda membantu menyebutnya?).

Telaah lainnya, kemungkinan besar pula blog yang menganggur lama lebih dari sebulan juga sanggup bertahan dalam posisinya. Ini tentu bermakna relatif mengingat kemampuan blog asosiasinya, atau inbound link yang diterimanya serta ilmu SEO yang diterapkan. Dan hal ini yang terkadang tak bisa diterawang dengan mudah. Tapi secara garis besarnya, keyword dan content memang sangat menopang keputusan Google dalam memberikan nilai sebuah PR.


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar